You are here: Home > > teknologi informasi dan komunikasi

teknologi informasi dan komunikasi

Teknologi informasi dan komunikasi merupakan bahasan yang cukup ramai dibicarakan banyak orang akhir-akhir ini. Hal ini tentunya terkait erat dengan semangat pemerintahan yang berkeinginan mewujudkan negara Indonesia sebagai negara yang maju di bidang teknologi informasi dan komunikasi.

Pemerintah bahkan membentuk Dewan TIK Nasional, Dewan TIK Nasional (DeTIKNas) adalah Badan Ekstra Struktural yang dipimpin oleh Presiden Indonesia dan beranggotakan 11 menteri, dibentuk berdasarkan Keputusan Presiden RI No.20 tahun 2006 tertanggal 13 November 2006 dengan masa kerja 3 tahun, yang bertugas :

* merumuskan kebijakan umum dan arahan strategis pembangunan nasional melalui pendayagunaan teknologi informasi dan komunikasi
* melakukan pengkajian dalam menetapkan langkah-langkah penyelesaian permasalahan strategis yang timbul dalam rangka pengembangan teknologi informasi dan komunikasi
* melakukan koordinasi nasional meliputi dengan instansi Pemerintah Pusat/Daerah, Badan Usaha Milik Negara/ BadanUsaha Milik Daerah, dunia usaha, lembaga profesional, dan komunitas teknologi informasi dan komunikasi, serta masyarakat pada umumnya
* memberikan persetujuan atas pelaksanaan program teknologi informasi dan komunikasi yang bersifat lintas departemen agar efektif dan efisien
( sumber : http://id.wikipedia.org/wiki/Dewan_TIK_Nasional )

Menurut RobertG.Murdik (1973; 12) :“Informasi adalah data yang telah diolah menjadi suatu bentuk yang berarti bagi penerimanya dan bermanfaat dalam pengambilan keputusan saat ini atau mendatang”.
Sehingga tentu saja informasi adalah sesuatu yang sangat penting yang dibutuhkan bagi pengambilan keputusan.
Sebuah contoh pentingnya suatu informasi, dapat digambarkan sebagai berikut : Dalam sebuah universitas, di rekam data-data, mengenai : cara promosi yang dilaksanakan, jumlah masing-masing media promosi, jumlah mahasiswa yang mendapatkan informasi dari masing-masing media promosi. Maka jika data tersebut di proses, akan dapat menghasilkan informasi yang tepat mengenai, media promosi apa yang tepat sasaran. Dengan demikian dapat diambil sebuah keputusan mengenai cara melakukan promosi di waktu yang akan datang.

Pada tingkatan tertentu, memproses data yang cukup kompleks untuk menghasilkan informasi yang lebih mendalam dan lengkap, akan terasa sangat berat jika dilaksanakan secara manual, maka disinilah fungsi dari teknologi, sebagai media pengolah data, dan pembuat informasi yang dapat diandalkan.

Komunikasi merupakan penyampaian pesan dari satu pihak ke pihak lain. Dalam kaitannya dengan teknologi informasi, maka komunikasi merupakan proses penyampaian informasi bagi individu lain, sehingga informasi yang di komunikasikan, dapat juga digunakan sebagai bahan pengambilan keputusan oleh pihak lain.

Jika merangkai kalimat Teknologi Informasi dan Komunikasi sesuai uraian di atas, maka dapat dijabarkan bahwa teknologi informasi dan komunikasi, merupakan suatu proses dari sebuah sistem, untuk mengolah data-data baku, menjadi sebuah informasi, yang dapat digunakan untuk mengambil keputusan-keputusan, untuk kemudian menyampaikan informasi tertentu yang dapat dibagi kepada pihak lain, dengan berbantuan pada teknologi.
  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • Twitter
  • RSS

0 Responses to “teknologi informasi dan komunikasi”:

Leave a comment